PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU DAN EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Dina Rahma Widoyanti, Ika Ratih Sulistiani, Devi Wahyu Ertanti

Abstract


The intensity of playing online games can have an impact on the behavior and emotional development of children where it is very important for children to establish interactions and relationships with other individuals. This study aims to determine the effect of using online games on the development of children's behavior and emotions at MI Tarbiyatul Huda Malang. This study uses quantitative research with the type of survey research. The variables in this study were the intensity of playing online games (independent variable), the development of children's behavior and emotions (dependent variables 1 and 2). The sample of this study amounted to 66 students. The data analysis technique used MANOVA analysis to determine whether there was an influence of the intensity of playing online games on the development of children's behavior and emotions which was calculated using SPSS 25. playing games. Online does not affect children's emotions because the significance value is 0.228 > 0.05.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Heske. 2018. “Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 5 Palembang.” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Choiriani, Haifa Ayu, Ika Ratih Sulistiani, and Yorita Febry Lismanda. 2019. “Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI SMA Al-Rifa’ie Ketawang Gondanglegi Malang.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 4(4).

Dewi, Cicy Irana. 2021. “Intensitas Bermain Game Online Oleh Siswa Berprestasi Kelas V Dan VI Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddig Jember.” Institut Agama Islam Negeri Jember.

Ertanti, Devi Wahyu. 2020. “Model Bowling Monster Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal PGMI Awwaliyah 3(2).

Fitri, Emria, Lira Erwinda, and Ifdil Ifdil. 2018. “Konsep Adiksi Game Online Dan Dampaknya Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 4(3).

Hardiansyah, Fahrudin, Ika Ratih Sulistiani, and Indhra Musthofa. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Peserta Didik Di SMP Ma’arif Kota Batu.” Jurnal Pendidikan Islam Vicratina 6(7).

Irawan, Sapto, and Dina Siska W. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik.” Jurnal Konseling Gusjigang 7(1).

Kustiawan, Andri Arif, and Andy Widhiya Bayu Utomo. 2019. Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV AE MEDIA GRAFIKA.

Kusuma, Wening Sekar, and Panggung Sutapa. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1635–43.

Lestari, Ifmayani Faurin. 2021. “Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Sosial Remaja SMK Di Desa Pener Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2021.” Universitas Pancasakti Tegal.

Nurdin, Ismail, and Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nuryanti, Evi. 2014. “Hubungan Intensitas Mengakses Facebook Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang.” E-Journal Ilmu Komunikasi 2(3):178–92.

Paremeswara, Marsanda Claudia, and Triana Lestari. 2021. “Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi Dan Sosial Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1).

Rachmawati, Windi Chusniah. 2019. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Malang: Wineka Media.

Sari, Diah Andika, and Ari Lela Nurjanah. 2020. “Hubungan Game Online Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun.” Obsesi: Pendidikan Anak Usia DIni 4(2):994–99.

Sari, Ike Mulya. 2019. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Prilaku Siswa Di Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu.” Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Sinaga, Lia Rosa Veronika, Efendi Sianturi, Maisyarah Nurhidayah Amir, Janner Pelanjani Simamora, Ashriady, and Hardiyati. 2021. Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Yayasan Kita Menulis.

Zainuddin, Muhammad. 2014. Metodologi Penelitian Kefarmasian Dan Kesehatan Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.