DAMPAK MODERASI PROMOSI MEDSOS PADA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH

Zairozie Tamim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer relationship management dan brand trust terhadap keputusan kuliah program magister Pascasarjana UNISMA melalui moderasi promosi MEDSOS. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik proporsional sampling yang merupakan  teknik penentuan sampel dengan proporsi yang rata sesuai populasi tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis jalur (Path Analysis) dan juga melalui uji t dengan menggunkanan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa CRM dan brand trust berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat strategi CRM dan brand trust maka akan semakin tinggi tingkat keputusan kuliah. Sedangkan penggunaan promosi MEDSOS dapat menjadi mediator CRM, hal ini berarti semakin baik strategi CRM yang diterapkan dengan pemanfaatan media sosial  maka semakin tinggi pula tingkat keputusan kuliah. Akan tetapi, promosi MEDSOS tidak bisa menjadi mediator pada brand trust terhadap keputusan, hal ini berarti bahwa promosi MEDSOS tidak berpengaruh pada kepercayaan untuk menentukan keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA.

 

Kata Kunci: Promosi MEDSOS, Customer Relationship Management, Brand Trust, Keputusan Kuliah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.