PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMEDIASI PERSEPSI, INFORMASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA SECARA ONLINE PADA SHOPEE (Studi Pada Mahasantri UNISMA )

Ahmad Rozieqy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi, informasi, dan motivasi terhadap keputusan berbelanja Mahasantri secara online melalui peran media sosial. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik purposive sampling dimana  teknik penentuan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis jalur (Path Analysis), dan juga melalui uji f serta uji t dengan menggunkanan program SPSS.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi dan informasi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja Mahasantri secara online pada Shopee. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat persepsi konsumen dan tingkat informasi yang didapatkan maka akan semakin tinggi tingkat keputusan pembelian secara online. Sedangkan penggunaan media sosial tidak dapat memediasi pengaruh persepsi, informasi dan motivasi terhadap keputusan berbelanja Mahasantri UNISMA. Hal ini berarti penggunaan media sosial tidak mempengaruhi persepsi, informasi dan motivasi konsumen dalam menentukan keputusannya untuk berbelanja secara online.

 

Kata Kunci: Persepsi, Informasi, Motivasi, media sosial, dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.