PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA RUMAH MAKAN BEBEK GORENG H. SLAMET SOEKARNO HATTA KOTA MALANG)

dita ayu puspitasari, Sri - Nuringwahyu, Daris - Zunaida

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial dan simultan serta mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan. Metode yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, analisis koefisien korelasi, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi dengan bantuan program analisis data SPSS 20. Hasil penelitian ini yaitu variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil thitung > ttabel (2,334 > 1,985) dengan taraf signifikan (0,022 < 0,05). Variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil thitung < ttabel (1,270 < 1,985) dengan taraf signifikan (0,207 > 0,05). Variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil thitung < ttabel (0,923 < 1,985) dengan taraf signifikan (0,358 > 0,05). Variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil thitung < ttabel (0,400 < 1,985) dengan taraf signifikan (0,69 > 0,05). Variabel kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil Fhitung > Ftabel (4,135 > 2,47) dengan taraf signifikan (0,004 < 0,05). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel kualitas produk dengan nilai Beta terbesar senilai 0,253 dengan taraf signifikan 0,022. Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan oleh R Square sebesar 0,112 sama dengan 11,2%, maka nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 11,2%.

Kata Kunci


Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Lokasi, Loyalitas Pelanggan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Christian A.D Selang. 2013. “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado”. Jurnal EMBA 71 Vol.1 No.3. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado

Daryanto dan Ismanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media: Yogyakarta.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

https://teamtouring.net/bebek-goreng-h-slamet-di-malang.html. Diakses pada tanggal 21 Desember 2017

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2. Jakart: Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Sembilan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok GRAMEDIA.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riyadi, Joko. 2004. Gerbang Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Selvy Normasari, Srikandi Kumadji dan Andriyani Kusumawati. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan Survei pada Tamu Pelanggan yang menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 6 No. 2, Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang.

Suwarni dan Septina Dwi Mayasari. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis TH, No. 1. Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.